Dandim Lotim Ikuti Vicon Pangdam IX/Udayana dengan Danrem Jajaran

Spread the love

Global Hukum Indonesia, Lombok Timur – Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Agus Prihanto Donny, S.Sos., mengikuti video confrence (Vicon) Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP., dengan para Komandan satuan jajaran Korem 161/WSi, Korem 162/WB dan Korem 163/WSA di Makodim Lotim jalan M. Yamin Selong Lombok Timur, Kamis (7/5/2020).

Dalam Video confrence tersebut masing-masing Korem melaporkan kondisi terakhir terkait dengan penanganan Covid-19 baik dari jumlah PPTG, OTG, ODP, PDP dan terpapar Covid-19, kesiapan rumah sakit dan tenaga medis, data kluster dan penyebarannya, penyaluran bantuan sosial dan langkah-langkah satuan di masing-masing daerah termasuk kesiapan personel satuan dalam mendukung upaya Pemerintah Daerah mencegah Covid-19.

Usai mengikuti Vicon, Dandim 1615/Lotim menyampaikan berdasarkan paparan laporan dari Komandan Korem jajaran Kodam IX/Udayana, seluruh provinsi baik Bali, NTB dan NTT dalam kondisi siaga Covid-19.

“Ini menunjukkan keseriusan masing-masing daerah dalam penanganan penyebaran dan penularan Covid-19 tidak terkecuali Kabupaten Lombok Timur,” ujar Dandim.

Adapun penekanan Pangdam IX/Udayana pada kesempatan tersebut, lanjut Agus Donny, diantaranya membatasi penyebaran Covid-19 dengan melakukan tracking terhadap pendatang atau warga yang datang dari luar daerah sehingga tidak terjadi transmisi lokal.

Melakukan pendataan dan pengawasan pintu masuk wilayah disesuaikan dengan kondisi geografis. Memback up Pemerintah Daerah dalam pengamanan pintu masuk dan ruang karantina maupun isolasi.

Memastikan Kesiapan logistik wilayah untuk mengantisipasi dan mewaspadai pandemi Covid-19 apabila berkepanjangan serta memastikan kondisi logistik sebelum disalurkan kepada masyarakat dan dalam pendistribusiannya tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk melindungi diri dan keluarganya dengan melaksanakan imbauan pemerintah sehingga terbangun kesadaran dalam diri pribadi dan bergerak bersama-sama untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

“Beberapa penekan tersebut akan dijadikan sebagai pedoman dalam bertugas khususnya dalam penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Lombok Timur,” terangnya.

Agus Donny juga mengajak seluruh Koramil satuan jajaran untuk terus bekerja dengan hati yang tulus dan ikhlas dengan memberikan yang terbaik kepada masyarakat sehingga tercatat sebagai amal ibadah di bulan Ramadhan.

Pada kesempatan tersebut, Dandim Lotim juga didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan perwakilan BPBD Kabupaten Lotim serta para Perwira Staf Kodim Lotim. (Ismail/ms)