Dewantara : Jangan Mempersulit Pendaftar, Jangan Juga Langgar Aturan

Spread the love

Global Hukum Indonesia, Baturaja – Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembentukan Panwaslu Kelurahan Desa se-Kabupaten OKU. Dan Teknis Penyampaian Laporan Cepat saat pelaksanaan Rekrutmen Panwaslu Kelurahan Desa pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Bupati dan Wakil Bupati OKU tahun 2020.

Kegiatan di Pusatkan di Kantor Sekretariat Bawaslu OKU, eks Hotel Baturaja, Senin (11/2/2020). Pemateri langsung disampaikan oleh Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya. Dihadiri juga oleh Anggota Bawaslu Kordiv HPP Anggi Yumarta dan Koordinator Sekretariat Bawaslu OKU Joinaidi. Pada Bimtek tersebut juga dihadiri Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan, Kordiv SDM Organisasi dan SDM se OKU bersama masing masing staf yang bertugas dalam pelaporan cepat pelaksanaan rekrutmen Panwaslu Kelurahan Desa.

Pada Kesepatan itu, Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya mengingatkan agar pelaksanaan rekrutmen Panwaslu Kelurahan Desa harus berjalan baik dan maksimal. Patuhi aturan yang berlaku.

“Sekarang sudah kita umumkan sejak 10 Februari 2020 kemarin. Saya pantau kerja kalian di Kecamatan. Alhamdulillah tahapan pengumuman berjalan dengan baik. Spanduk sosialisasi dan pengumuman sudah dipasang dimasing-masing kecamatan, Bahkan saya lihat sosialisasi di medsos seperti facebook dan Isntagram juga rame. Saya apresiasi kerja kalian” kata Dewantara Jaya.

“Dalam pelaksanaan nanti, sangat diharapkan Panwaslu Kelurahan Desa yang terpilih nanti merupakan orang-orang yang memiliki integritas dan loyalitas dengan Lembaga Bawaslu.

Perlu diingat pendaftaran dan penerimaan berkas di mulai 16-22 Februari 2020 mendatang. Pada rekrutmen ini diperhatikan betul, terkait keabsahan administrasi pelamar. Jika ragu-ragu konfirmasi dengan pihak yang mengeluarkan,

Misalnya ragu dengan pendidikan atau ijazah pelamar, anda harus konfirmasi dengan pihak terkait yang mengeluarkan ijazah tersebut” ujar Dewantara Jaya.

Namun pesan Dewantara, jangan pula mempersulit pelamar. Berilah kemudahan-kemudahan mereka pelamar Panwaslu Kelurahan Desa. Namun harus tetap berpedoman dengan Petunjuk Teknis (Juknis) dan aturan yang berlaku dalam melaksanakan rekrutmen Panwaslu Kelurahan Desa.

“Sekali lagi saya ingatkan jangan mempersulit pelamar, jangan juga langgar aturan. Selama tidak melanggar aturan yang berlaku berilah kemudahan,” ucap Dewantara Jaya.

Disamping itu, Pemateri Kedua mengenai Teknis Pelaporan cepat, yang dipaparkan langsung oleh Staf SDM Organisasi dan Datin Bawaslu OKU, Firmansyah didampingi Retno Wirawijaya. Dijelaskan dalam peloporan cepat ini sangat penting. Pelaporan Rekrutmen Panwaslu Kelurahan Desa, dilakukan setiap hari secara berjenjang. Dari Panita Pemilihan Kecamatan, menyampaikan kepada Bawaslu OKU, selanjutnya laporan dari kecamatan direkap dan disampaikan ke Bawaslu RI melalui Bawaslu Prov Sumsel.

“Pelaporan cepat ini sangat penting, maka dari itu pada kesempatan ini kita sampaikan menernai teknis pelaporan cepat. Mulai dari cara pengisian format laporan sampai dengan cara pengiriman laporan cepat” jelasnya. (Pratikno)

Leave a Reply