Pemdes Danau Embat Salurkan BLT DD Tahap Empat

Spread the love

Globalhukumindonesia.com, Batanghari – Untuk membantu permasalahan masyarakat miskin yang rentan terkena dampak pandemi Covid19, yang mana Pemerintahan Desa Danau Embat, Kecamatan Muaro Sebo Ilir, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, telah Selesai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap 4, 15 April 2021.

Pada bulan Maret 2020 pandemi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) resmi dinyatakan masuk ke Indonesia, Sejak itu penyebarannya semakin meluas dan berkembang, hampir diseluruh dunia bahkan provinsi yang hingga sa’at ini masyarakat masih mengalami dampaknya.

Wabah ini diproyeksikan dapat menambah jumlah penduduk miskin di Indonesia hingga mencapai jutaan jiwa, oleh karena itu Pemerintah memberikan bantuan langsung tunai bagi masyarakat, dana yang bersumber dari Dana Desa atau disebut (BLT-DD) hal ini untuk mengurangi beban masyarakat miskin akibat dampak Covid-19.

Penyaluran BLT-DD Desa Danau Embat ini didampingi oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, perangkat desa dan anggota BPD yang ada di Desa Danau Embat.

Kepala Desa Danau Embat Mansur Saputra mengatakan bahwa “BLT DD ini disalurkan atas musyawarah bersama,  dan tidak boleh dipotong berapapun dan oleh siapapun, karena ini adalah hak mereka bagi masyarakat penerima bantuan tersebut”, ujarnya.

“Alhamdulilah pada hari kemarin 15/04/2021, kami pemdes Desa Danau embat telah membagikan bantuan BLT DD sebanayak 47 KPM (keluarga Penerima Mamfaat) dan masing-masing mendapatkan sebesar Rp. 300.000, – / KPM, semoga bantuan ini bermanfa’at dengan baik, apalagi disaat bulan puasa pada saat ini”, ucap Mansur.

Mansur menambahkan “masyarakat penerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2021 adalah masyarakat yang tidak menerima bantuan dari pemerintah berupa PKH, BPNT, BST, atau bantuan lainnya”, urainya.

“Pembagian ini ada dua versi, yang pertama dilaksanakan di kantor desa sebayak 31 PKM, dan dirumah sebanyak 16 PKM, dikarenakan yang 16 PKM itu sudah lansia dan rentan sakit”, terang Mansur.

Pinta Mansur “saya meminta kepada warga penerima untuk bisa menggunakan hasil BLT DD ini, untuk kebutuhan sehari-hari dengan dibelikan Sembako, dan pihaknya juga mengimbau kepada masyarakatnya untuk tetap menjalankan Prokes Covid-19, dalam setiap melakukan aktivitas, terlebih yang berlangsung di luar rumah”, katanya.

“Proses pembagian BLT DD berjalan dengan lancar, aman dan tertib, dengan aturan Physical Distancing (jaga jarak), silahkan gunakan BLT DD ke hal yang memang dibutuhkan, serta dalam melaksanakan aktivitas tetap memperhatikan Prokes Covid-19, Seperti memakai masker dan menjaga jarak”, pungkas kades. (kadir)