Penyaluran BLT DD Tahap Dua Desa Simpang Terusan Berjalan Mulus

Spread the love

Globalhukumindonesia.com, Batanghari – Seperti yang pernah dilakukan pada tahun 2020 kemaren Desa Simpang Terusan Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, pada tahun 2021 ini kembali menyalurkan bantun kepada masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan tersebut, dari akibat pandemi Covid-19, dari 700 KK kurang lebih yang ada di desa Simpang Terusan, setelah dipilih oleh ketua RT dan kadusnya dan dari hasil musyawarah akhirnya jumlah yang berhak mendpat bantuan tersebut sebanyak 135 KK.

Kades Desa Simpang Terusan Mubarak, SE, saat ditanya oleh awak Media Globalhukumindonesia.com mengatakan “ya, alhamdulillah pada tahun ini penerima BLT DD sama dengan tahun kemaren sebanyak 135 kk data penerima,denagan julah penerima per kk memdapat kan Rp. 300 ribu, untuk penayaluran bulan februari”, ucapnya.

“Saya sebagai Kepala Desa mengharapkan bagi penerima bantuan tersebut dipergunakanlah dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan rumah tangga, dan jangan lah berfoya- foya dengan dana tersebut, jikalau kami mengetahui Masyarakat berfoya-foya dengan bantuan tersebut pada tahap yang akan datang akan kami alihkan kepada orang lain, sesuai dengan keputusan rapat kami nanti.l”, ujar Mubarak dengan tegas.

Tambah Mubarak “Ia berharap, bantuan tersebut dapat memberikan manfaat yang tepat bagi penerimanya, dan gunakanlah uang tersebut untuk hal yang positif terutama dalam membantu kebutuhan keluarga, sehingga manfaatnya benar dirasakan, kita juga mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah, kita juga menghimbau agar masyarakat tidak takut untuk menerima suntikan vaksin guna mencegah masuknya virus dalam tubuh,” pesannya.

Dan tak lupa pula Sekdes Simpang Terusan Serliana Sardianty yang didampingi oleh Kaur keuangannya Sodikin juga ikut bicara”Penyerahan BLT DD dihadiri langsung oleh Kades, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pendamping Desa juga disaksikan oleh Ketua BPD, para Kadus dan perangkat lainnya yang ikut hadir. BLT DD tahap dua tahun 2021 yang diserahkan kepada masyarakat yang berhak menerima sebagai kepala keluarga didesa Simpang terusan ini dan sesuai apa yang ditetapkan melalui peraturan yang berlaku, setiap KK,BLT DD yang disalurkan Pemerintah Desa Simpang Terusan berupa uang tunai sebesar Rp.300 ribu, dengan jumlah penerima 135 kk yang terdata”, ungkapnya.

“Dana yang disalurkan pada hari ini langsung diserahkan kepada kepala keluarga yang berhak dan yang benar-benar telah terdampak Covid-19, dan Masyarakat penerima bantuan BLT ini telah tepat sasaran, sesuai dengan data yang diajukan para ketua RT dan persetujuan pihak Kabupaten seperti penyaluran pertama, dan kami sebagai perangkat Desa mengharapkan kepada Masyarakat yang menerima bantuan ini agar mempergunakan uang tersebut dengan sebaik-baiknya”, pinta Sekdes.

Dan tak lupa pula kaur keuangan Desa Sodikin menyampaikan “Penyaluran BLT-DD ini merupakan bentuk Jaring Pengaman Sosial (JPS) didesa termasuk padat karya tunai yang merupakan prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021 dan Kita berharap semua proses bantuan pemerintah ini dapat berjalan dengan baik serta memberikan manfaat bagi masyarakat”, katanya.

“Bahwasanya kemungkinan besar dari penerima sebanyak 135 kk yang menerim bantuan tersebut yang nantinya akan dikurangi sesuai dengan hasil musdes kami yang akan datang, hal ini untuk menyesuaikan dengan peraturan menteri yang terbaru tentang penangan covid-19,yakni 8 persen dari pagu anggaran DD yang ada didesa”, tutup Sodikin. (kadir)