Pilbup Lombok Utara Tanggal 26 Incumbent Tinggalkan Kursi Jabatan Selama Masa Kampanye

Spread the love

Global Hukum Indonesia, Lombok Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Utara banyak peraturan baru terkait pencalonan dalam Pilbup Serentak 9 Desember 2020. Diatur dalam PKPU No 5 Tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal, salah satunya tentang calon petahana atau incumbent diwajibkan cuti selama 71 hari berturut-turut saat masa kampanye.

Ketua KPU Lombok Utara Juraid mengatakan, ada beberapa aturan yang berbeda dalam pelaksanaan Pilbup 2020, tentang kewajiban calon petahana untuk cuti selama 71 hari saat masa kampanye. Bahkan, saat mendaftar, calon petahana sudah diharuskan mengisi kesediaannya untuk cuti selama masa kampanye di luar tanggungan negara.

Juraid mengungkapkan peraturan baru lain yang berbeda dengan Pilkada sebelumnya, yakni terkait kewenangan pengurus parpol tingkat pusat yang bisa mendaftarkan paslon ke KPU. Secara normatif paslon yang mendapatkan persetujuan pengurus parpol pusat, didaftarkan oleh pengurus parpol di kabupaten.

Juraid mengatakan, masa pendaftaran calon tanggal 4-6 September 2020. Selanjutnya penetapan paslon tanggal 23 September 2020 dan pengambilan nomor urut paslon tanggal 24 September 2020.

“Untuk masa kampanye mulai tanggal 26 September sampai 5 Desember 2020, tandasnya.

Di tempat berbeda Plt Sekda Lombok Utara Drs. H. Raden Nurjati saat ditemui media global hukum indonesia mengatakan, kalau untuk bupati itu beliau cuti mulai Tanggal 26 kalau tidak salah sampai 5 Desember, dan seterusnya sampai masa berakhir jabatan Bulan Februari 2021, tandasnya. (ms)