Update: Akibat Serangan Terbaru Iran, 80 Tentara AS Tewas

Spread the love

Global Hukum Indonesia, Irak – Menurut laporan terbaru yang belum terkonfirmasi, serangan pembalasan Iran ke Pangkalan AS di Irak, Ain Al-Assad, pada Rabu pagi (08/01), telah menewaskan 80 tentara AS.

Carla Babb, koresponden VOA menyebut bahwa ada total 35 roket yang berhasil mengenai target di Bandara tersebut, sementara dari pihak IRGC menjanjikan mereka akan merilis rincian lebih jauh tentang serangan yang berlangsung dini hari tadi.

Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) iran telah menargetkan pangkalan udara AS Ain al-Assad di provinsi Anbar, Irak barat setelah bersumpah untuk membalas pembunuhan AS terhadap komandan anti-teror Iran, Letjen Qassem Soleimani.

“Puluhan rudal permukaan ke permukaan” ditembakkan ke pangkalan udara strategis dan serangan itu yang kemudian dikonfirmasi oleh para pejabat AS.

LIVE UPDATE:  

11.10 – Laporan mengatakan bahwa salah satu roket menghantam situs komunikasi militer Amerika di pangkalan Ain Al-Asad.

10.55 – Pemimpin Revolusi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, Akan Menyampaikan Pidato Selama Pertemuannya dengan Kerumunan Warga di Kota Qom.

10.30 – Reuters: Lebih dari 200 Tentara Amerika Tewas dan Lebih dari 287 Lainnya Terluka Sejauh ini.

09.29 – Presiden Iran Hassan Rouhani Akan Menyampaikan Pidato yang Akan menyoroti Serangan Udara Teheran – Laporan.

Televisi pemerintah Iran mengatakan bahwa Presiden Hassan Rouhani akan menyampaikan pidato kenegaraan menyusul serangan udara ke fasilitas militer AS di Irak. Waktu untuk pidato belum ditentukan.

09.14 – Tidak Ada Korban Di Antara Pasukan Irak Menurut Pemerintah Irak, 22 Rudal mendarat di Markas Koalisi pimpinan-AS

Militer mengatakan pada hari Rabu bahwa tidak ada korban yang tercatat di antara pasukan Irak dari 22 proyektil yang diluncurkan di Pangkalan Udara Ayn al-Asad, yang menampung pasukan AS, di barat provinsi Anbar dan pangkalan di Erbil.

“Irak membidik sasaran antara pukul 1:45 dan 02:45 pagi pada tanggal 8 Januari 2020, dengan 22 rudal; 17 rudal jatuh di Pangkalan Udara Ayn al-Asad termasuk dua yang tidak meledak … dan 5 rudal di kota Erbil, semua jatuh di markas koalisi. Tidak ada korban di antara pasukan Irak yang tercatat “, sebuah pernyataan dari militer Irak mengatakan seperti dikutip oleh Reuters.

09.06 – Flydubai, Maskapai Penerbangan UEA Membatalkan Penerbangan ke Baghdad Di Tengah Serangan Iran.

Flydubai pada hari Rabu membatalkan penerbangannya ke Baghdad setelah dua gelombang serangan udara ke fasilitas militer AS di Irak oleh Iran. Penerbangannya ke kota-kota Basra dan Najaf akan tetap berjalan sesuai jadwal, kata maskapai itu seperti dikutip dari Reuters.

08.55 – Singapore Airlines Mengalihkan Semua Penerbangan dari dan ke Bandara Iran.

“Mengingat perkembangan terbaru di wilayah ini, semua penerbangan SIA masuk dan keluar Eropa dialihkan dari wilayah udara Iran”, Singapore Airlines mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada CNBC. “Kami sedang memantau situasi dengan cermat dan akan membuat penyesuaian yang sesuai dengan rute kami jika perlu”.

08.27 – TV Iran Mengatakan Tidak Kurang dari 80 Pasukan AS Tewas dalam Serangan Rudal ke Target Militer AS di Irak – Laporan.

Televisi pemerintah Iran mengatakan jumlah kematian militer AS telah mencapai 80 setelah serangan udara Tehran. Dilaporkan juga bahwa helikopter dan peralatan militer Amerika “rusak parah” karena dihantam oleh 15 rudal Iran.

Tidak ada satu pun proyektil yang diduga dicegat, menurut media.  Sementara, Washington belum mengomentari informasi tersebut.

07.58 – India Mengeluarkan Travel Warning Setelah Serangan Udara Iran di Irak.

Pada hari Rabu, India mengeluarkan peringatan perjalanan, memperingatkan warganya untuk menghindari perjalanan “tidak penting” ke Irak menyusul dua gelombang serangan rudal terhadap target AS di Erbil dan Pangkalan Udara Ayn al-Asad oleh Iran.

“Mengingat situasi yang berlaku di Irak, warga negara India disarankan untuk menghindari semua perjalanan tidak penting ke Irak sampai pemberitahuan lebih lanjut”, sebuah pernyataan dari kementerian luar negeri India mengatakan seperti dikutip oleh Reuters.

Pemerintah India juga meminta maskapai penerbangan negara itu untuk menghindari bepergian di wilayah udara Iran, Irak, dan wilayah Teluk.

“Pemerintah meminta perusahaan penerbangan India untuk menghindari wilayah udara Iran, Irak, dan Teluk Persia serta Teluk Oman”, sumber dari penerbangan sipil India mengatakan kepada Sputnik.

07.43 – AS Menderita Kerugian Besar Setelah Serangan Udara Iran di Pangkalan Udara Ayn al-Asad, IRGC Resmi Mengatakan.

Amerika Serikat menderita “kerugian besar” setelah serangan Iran di Pangkalan Udara Ayn al-Asad di Irak, tempat pasukan AS ditempatkan, menurut penasihat komandan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Hamid Reza Moghadam Far.

“Informasi awal mengkonfirmasi kerugian besar di Pangkalan Udara Ayn al-Asad, meskipun AS berusaha menyembunyikan fakta”, Hamid Reza Moghadam Far mengatakan pada hari Rabu.

07.31 – Juru Bicara Pemerintah Iran Mengatakan Teheran Tidak Mencari Perang Tapi Akan Memberikan Respon Terhadap Setiap Agresi.

“Kami berterima kasih atas keberhasilan operasi Garda Pengawal Revolusi … Kami tidak pernah menginginkan perang tetapi agresi akan menerima respons yang menghancurkan,” kata Juru Bicara Pemerintah Iran Ali Rabiei mengatakan di Twitter.

Alirabiei@Alirabiei_ir

از عملیات موفق سپاه پاسداران انقلاب اسلامی برای تحقق وعده صادق تشکر و حمایت می‌کنیم.
به همان جایی که حمله از آن صورت گرفته بود پاسخ مشروع داده شد.
ما به دنبال جنگ نبوده‌ایم اما هر تجاوز دیگری پاسخ سخت‌تر و کوبنده‌ترخواهد گرفت.#قاسم_سلیمانی#انتقام_سخت24911.27 – 8 Jan 2020Info dan privasi Iklan Twitter52 orang memperbincangkan tentang ini

06.08 – Iran Mengambil Semua Tindakan Yang Diperlukan Terhadap Setiap Penggunaan Kekuatan – Utusan Iran untuk PBB

Iran akan mengambil semua tindakan yang perlu dan proporsional terhadap ancaman atau penggunaan kekerasan, Duta Besar Iran untuk PBB Majid Takht Ravanchi mengatakan dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Antonio Guterres dan Dewan Keamanan PBB.

“Dengan demikian, sesuai dengan hukum internasional dan dalam melaksanakan hak inherennya untuk membela diri, Iran akan mengambil semua langkah yang diperlukan dan proporsional terhadap segala ancaman atau penggunaan kekuatan,” kata Ravanchi, Selasa.

Ravanchi juga meminta Dewan Keamanan untuk mengutuk keras ancaman dan kebijakan AS dan meminta pertanggungjawabannya atas tindakannya yang “SALAH”.

06.03 – Trump Membahas Iran dan Irak bersama Emir Qatar – Juru Bicara Gedung Putih.

Judd Deere, wakil sekretaris pers Gedung Putih, mengatakan bahwa Trump berterima kasih kepada Tamim bin Hamad Al Thani atas kemitraan Qatar dengan Amerika Serikat.

Sementara itu, Deere tidak merinci apakah negosiasi diadakan sebelum atau setelah serangan Iran terhadap fasilitas militer AS di Irak.

06.01 – PM Jepang Shinzo Abe Membatalkan Rencana Turnya ke Timur Tengah.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menunda rencana kunjungannya ke Timur Tengah. Kunjungan ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab dibatalkan di tengah meningkatnya konfrontasi militer AS-Iran, media melaporkan pada hari Rabu.

Menurut kantor berita Kyodo, Abe mendesak untuk memastikan keselamatan warga Jepang di kawasan, dan menambahkan bahwa Tokyo sepenuhnya siap untuk keadaan apa pun.

Selain itu, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan bahwa Tokyo meminta negara-negara yang peduli untuk melakukan segala upaya diplomatik untuk mengurangi ketegangan di kawasan.

Sebelumnya Kyodo melaporkan bahwa Abe mengadakan pertemuan Dewan Keamanan Nasional mengenai serangan rudal balistik Iran terhadap fasilitas militer AS di Irak.

05.51 – Trump Akan Membuat Pernyataan Tentang Iran pada Rabu Pagi.

Donald J. Trump✔@realDonaldTrump

All is well! Missiles launched from Iran at two military bases located in Iraq. Assessment of casualties & damages taking place now. So far, so good! We have the most powerful and well equipped military anywhere in the world, by far! I will be making a statement tomorrow morning.719 rb09.45 – 8 Jan 2020Info dan privasi Iklan Twitter299 rb orang memperbincangkan tentang ini

05.21 – Pompeo memberi pengarahan kepada Pemerintah Daerah Kurdistan PM Barzani tentang Serangan Rudal Iran.

“Pompeo memberi pengarahan kepada Pemerintah Daerah Kurdistan Masrour Barzani melalui telepon untuk tetap menjaga hubungan setelah serangan rudal Iran terhadap Pangkalan Udara Irak, termasuk di Erbil. Sekretaris dan Perdana Menteri Barzani setuju untuk tetap berhubungan dekat ketika situasi berkembang”.

05.18 – Militer Iran Lepas Landas Tanggapi Sejumlah Pesawat Tempur AS yang Lepas Landas dari Pangkalan UEA.

“Pesawat militer Iran lepas landas dari bandara dan terbang di atas wilayah Iran, dalam menanggapi pesawat militer AS yang lepas landas dari pangkalan di Uni Emirat Arab,” Rabu pagi.

05.09 – Komandan IRGC Mengatakan Serangan Iran Adalah Langkah Pertama.

Seorang komandan IRGC mengatakan serangan Iran adalah langkah pertama dan Tehran tidak akan membiarkan Amerika, menurut laporan Reuters.

04.43 – Otoritas Penerbangan Federal AS Melarang Penerbangan ke Teluk Persia Karena Aktivitas Militer yang Tinggi

“Penerbangan tertentu … dilarang beroperasi di atas Teluk Persia dan Teluk Oman karena aktivitas militer yang meningkat,” kata FAA dalam sebuah pemberitahuan pada hari Selasa.

04.27 – Pemimpin Tertinggi Iran Khamenei Tiba di Kantor Pusat Operasi Iran untuk Memantau Langsung Serangan.

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei tiba di markas operasi Iran untuk mengoordinasikan serangan terhadap fasilitas AS di Irak, laporan MSNBC mengutip TV Negara Iran.

04.10 – Pasukan AS di Suriah siaga penuh, dipindah ke Pangkalan Dekat Perbatasan Irak.

Pasukan AS di timur provinsi Deir ez-Zur Suriah dalam siaga tinggi dan mulai bergerak ke pangkalan militer dekat perbatasan Irak, TV milik pemerintah Suriah melaporkan.

TV Suriah juga mengatakan bahwa mereka menerima informasi mengenai permulaan evakuasi pasukan AS dari ladang minyak Al-Omar dan ladang gas Conoco. Pasukan AS sedang dalam perjalanan ke pangkalan militer di dekat kota Ash Shaddadi, provinsi Hasakah.

04.03 – Persiapan sedang dilakukan untuk Presiden AS Donald Trump, yang akan berbicara kepada rakyat Amerika dari White House.

04.02 – Sekretaris Negara AS Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Mark Esper tiba di Gedung Putih setelah serangan rudal ke pangkalan militer AS di Irak. (Sumber : ARN/Red)