Wujudkan Binter Satnonkowil, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Renovasi Yayasan Panti Asuhan Bina Bunga Bangsa Atambua

Spread the love

Global Hukum Indonesia, Belu – Wujud kepedulian TNI terlihat saat personel Pos Motaain Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ melaksanakan kegiatan renovasi Panti Asuhan Yayasan Bina Bunga Bangsa yang berada di Komplek Perumahan Rai Belu Tini Mauaman Kecamatan Atambua Selatan Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Panti Asuhan adalah suatu lembaga kesejahteraan sosial yang didirikan secara sengaja oleh Pemerintah atau masyarakat yang bertanggung jawab dalam melakukan pelayanan, penyantunan dan pengentasan anak terlantar dan memiliki fungsi sebagai pengganti peranan orang tua dalam memenuhi kebutuhan mental dan sosial pada anak asuh.

Panti Asuhan bertujuan agar anak asuh memiliki kesempatan yang luas untuk mengalami pertumbuhan fisik dan mengembangkan pemikiran hingga ia mencapai tingkat kedewasaan yang matang dan mampu melaksanakan peranan-perannya sebagai individu dan warga Negara di dalam kehidupan bermasyarakat.

Melihat hal ini, Pos Motaain berinisiatif untuk membantu melakukan proses renovasi Panti Asuhan Yayasan Bina Bunga Bangsa berupa pemberian bantuan tenaga dalam pemasangan paving block untuk Panti Asuhan Yayasan Bina Bunga Bangsa sehingga teras pekarangan menuju Panti Asuhan lebih nyaman, khususnya pada saat musim penghujan.

“Kegiatan gotong-royong pemasangan paving block ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) yang berkoordinasi dan bekerjasama dengan Satuan Komando Kewilayahan setempat serta Instansi Pemerintah terkait, guna mendukung program Pemerintah serta membantu mengatasi setiap permasalahan sosial yang timbul di tengah-tengah lingkungan masyarakat,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., selaku Dansatgas di Mako Satgas Atambua, Juma’t (31/1/2020).

“Tugas Binter Satnonkowil merupakan tugas tambahan yang dilaksanakan disamping pelaksanaan tugas utama Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste” tegasnya.

“Tujuan dari pelaksanaan tugas Binter Satnonkowil adalah mendukung setiap program pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam berbagai macam bidang serta membantu mengatasi permasalah sosial yang timbul di lingkungan masyarakat” jelasnya.

“Guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas utama yaitu mengamankan wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, salah satunya adalah untuk memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat di tapal batas” paparnya.

“Kegiatan Renovasi Panti Asuhan Yayasan Bina Bunga Bangsa ini dipimpin langsung oleh Praka Nugroho selaku personel Pos Motaain bersama 5 orang personel lainnya” jelasnya.

Panti Asuhan Yayasan Bina Bunga Bangsa yang terletak di Komplek Perumahan Rai Belu Tini Mauaman Kecamatan Atambua Selatan Kabupaten Belu NTT ini sendiri diketuai oleh Bapak H. Hamka, dan memiliki Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Bina Bunga Bangsa yang dipimpin oleh Ibu Hj. Sahruni, S.E., memiliki anak asuh sebanyak 10 orang yang terdiri dari 5 anak pria dan 5 anak wanita.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa tolong-menolong serta dapat lebih mempererat hubungan tali silaturahmi, kekeluargaan dan persaudaraan bersama warga masyarakat di daerah penugasan” harapnya.

“Saya selalu berpesan kepada setiap personel kami yang tersebar di sepanjang garis perbatasan sektor timur Indonesia – Timor Leste, agar kehadiran mereka di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan manfaat serta pengaruh positif kepada warga di sekelilingnya” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin.

Sementara itu, Bapak H. Hamka merupakan Ketua Panti Asuhan Yayasan Bina Bunga Bangsa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya personel Pos Motaain yang telah berinisiatif untuk berpatisipasi dalam membantu renovasi berupa pembangunan teras Panti Asuhan menggunakan paving block.

“Semoga seluruh bapak TNI yang sedang melaksanakan tugas menjaga wilayah perbatasan, selalu diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Allah, SWT sehingga dapat membantu kesulitan masyarakat di wilayah perbatasan,” ungkapnya.

“Dengan kehadiran mereka, maka proses pembangunan teras Panti Asuhan mengunakan paving block dapat diselesaikan dengan waktu yang singkat sehingga anak-anak dapat lebih aman dan nyaman,” tambahnya.

Disela-sela kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh Lettu Inf Sahita selaku Danpos Motaain, ia menyampaikan tanggapannya terhadap kinerja personelnya dalam kegiatan renovasi halaman teras Panti Asuhan Yayasan Bina Bunga Bangsa.

“Sangat memuaskan, saya bangga atas kinerja rekan-rekan kami yang telah mampu memberikan hasil terbaik untuk Panti Asuhan Yayasan Bina Bunga Bangsa, bantuan yang kita berikan untuk saudara-saudara kita disini, bila bukan kita siapa lagi yang akan peduli terhadap kondisi mereka selaku generasi penerus Bangsa” tuturnya.

“Kegiatan ini adalah salah satu wujud tugas kami dibidang Teritorial, dan kami selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat perbatasan, karena kami menyadari bahwa TNI lahir dan besar untuk Rakyat” tandasnya. (penremgapu/red)

Leave a Reply